Sabtu, 04 Agustus 2007

Kalian Sudah Gila !!!

Wuih... mantaph. Sebulan terakhir ini, saya dan rekan-rekan yang tergadung dalam ISFI Training Center, bikin acara yang mungkin orang lain bilang,"kalian sudah gila!!" Yup, kami yang bisa dibilang cuman ber-ENAM, sepakat bikin kepanitiaan seminar "Change Your Mind-Set, be an Entrepreneur!!!" dengan target 1000 orang peserta, dan waktu persiapan cuman sebulan... Yup SEBULAN...
Dalam sebulan, pekerjaannya, cari media(cetak maupun elektronik) yang mau diajak kerjasama. Mulai dari Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Radio Delta, Radio Rase FM, MQ TV+MQ Fm. Tujuan awal kerjasama, agar acara yang kami adakan bisa terpublikasi secara gratis. Bentuk kerjasama tak lain dan tak bukan adalah barter. Mau gimana lagi??? pihak media mempublikasikan acara kami, kami dari panitia penyelenggara akan membalas jasa mereka dengan memberikan training/pelatihan untuk pegawai media seharga publikasi/iklan yang pihak media berikan kepada kami. Hasilnya memang tidak ada yang betul-betul mau barter. Hasilnya, yang mau barter adalah media radio, tapi media cetak betul-betul tidak mau barter... paling banter mereka kasih diskon iklan. Tapi yasudahlah, itu yang paling optimal bisa kami lakukan.

Pekerjaan lain yang harus dilakukan dan itu gak mudah adalah mengumpulkan peserta sebanyak mungkin. Mulai bikin acara preview seminar secara GRATIS, dan itu dua kali pula. Kemudian bikin brosur dengan ukuran seperempat A4 sebanyak mungkin+sebar-sebar brosur. Sebar-sebar brosur dari mulai nitip ke anak jalanan atau tukang parkir, sampai memang harus bentul-betul turun ke jalan untuk sebar sendiri brosurnya. Publikasi lain yang dilakukan, pasang iklan di media cetak bahwa ada acara seminar gratis, dan jangan lupa untukpasang di kolom pencari kerja/lowongan kerja. Trus adakan juga talkshow di saah satu radio pendukung acara, dalam hal ini MQ FM... dan lumayan responnya cukup banyak. Preview pertama dihadiri sekitar 200 orang, dan preview kedua dihadiri sekitar 400 orang. Fuihhh mantaphhh. Peserta berhasil terkumpul sebanyak itu, karena gratis. Nah untuk acara puncak yang memang harus berbayar, apakah juga segampang itu?? OK We can make it !!!

The D-Day is coming...keringat sudah terlanjur banjir, uang sudah terlanjur terpakai, darah sudah terlanjur tercucur (eh ada yang berdarah gak ya??), jumlah peserta yang terdaftar optimal cuman 350 orang. Yo... mantap, walaupun 1000 orang tidak tercapai, but the good news is : "kami sudah berhasil meyakinkan 350 orang untuk mengikuti event yang kami buat." Pede aja lagi. Dalam persiapan menyambut D-Day, banyak juga pekerjaan yang terlewat, tak terselesaikan, dan berjalan tidak sesuai rencana. Dari mulai tidak jelasnya bentuk kerjasama dengan salah satu operator selular CDMA (esia) dan sebuah radio (Rase FM), tidak jadinya berjualan buku Gramedia, ruangan tempat pelaksanaan kegiatan yang memang rada-rada bermasalah (mulai dari listrik, kamar mandi, musholla, hingga atap convention centre yang bolong-bolong dan ditambal oleh KERTAS!!!, jadwal acara yang molor gara-gara pemateri yang keasikan sama materi yang dibawakannya -jadwal awal acara beres jam 15, eh benar2 beres baru jam 17-, salah satu LCD proyektor yang keunguan, soundman yang sering kabur-kabur :D, tapi alhamdulilah , Allahu Akbar, semua bisa selesai, dan mayoritas peserta bisa menikmati acara... walau beberapa komplain memang masih tetap ada. Yah itulah usaha optimal yang bisa kami lakukan. Untuk event selanjutnya, harus lebih baik !!!

Satu tambahan lagi, di seminar ini, saya+perusahaan saya (fleur !! desain) bisa buka stand+pameran kecil-kecilan... hehehe Puasss. Untuk stand fleur !!, makasih buat bang Qodri (sang direktur CV.Fleurindo Cipta Abadi) yang udah mau jagain stand seharian... Juga untuk Ansi Projection (Suhe dkk. yang udah mau berbagi stand + LCD proyektor) hayu ah kita buka stand lagi... kapan ya???

"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap." (Q.S. Alam nasyrah :7-8)

are you interest to join our community ??
please contact ISFI Training Center at :
isfi.trainingcenter@gmail.com
or pick up your phone and call us at :
+6222-707-34-777
or just come sit down and take some chat with us at :
jl. holis no. 247 ruko holis regency bandung

Tidak ada komentar: